www.indonesiamedia.com

Soeharto mantan Presiden RI meninggal dunia dalam usia 87 tahun pada hari ini (Minggu 27 Januari 2008) pada pukul 13.10 WIB . Soeharto diketahui mengalami kegagalan paru-paru, ginjal, dan otak. Kondisinya terus memburuk selama dirawat hampir 25 hari atau sejak 4 Januari silam.

oleh Rusdi Mathari

SEBUAH SMS yang sama terima dari seorang wartawan pada pukul 13.20 WIB, menyebutkan Soeharto telah meninggal dunia pada pukul 13.10 hari ini (Minggu 28 Januari). Jenazah dari Jenderal Besar itu rencananya akan di bawah ke Cendana untuk disemayamkan dan dimandikan sebelum diberangkatkan ke Astana Giri Bangun, Kalitan, Solo.

Dua kompi personel polisi telah disiapkan untuk mengawal keberangkatan jenazah dari Rumah Sakit Pusat Pertamina di Jakarta Selatan menuju Jalan Cendana, Menteng, Jakarta Selatan. Namun semua rencana itu tergantung dari proses pengurusan di rumah sakit. “Kalau setelah magrib belum selesai (diproses di rumah sakit, Red) jenazah akan langsung di bawah ke Kalitan, Solo,” kata Herri Wibowo, Wakapolres seperti dikutip detikcom

Terkait dengan meninggalnya, Presiden SBY mendadak menggelar rapat tertutup dan para menteri yang ikut rapat tidak diperkenankan meninggalkan Istana Merdeka. Sebelum Soeharto meninggal, hari ini SBY mengadakan rapat kerja terbatas bidang pangan di Istana Merdeka.

Soeharto adalah penguasa Orde Baru yang memerintah Indonesia selama lebih kurang 30 tahun. Dalam masa pemerintahannya Indonesia sempat mengalami masa kejayaan ekonomi dengan banyak infrastruktur yang dibangun, meskipun sebagian biayanya berasal talangan atau utang. Di sisi lain, Soeharto juga dianggap sebagai penguasa yang bertanggung jawab atas sejumlah pelanggaran HAM.

Iklan