goldenvip.wordpress.com

Dari pentas pertunjukan musik yang berlangsung di beberapa negara, penyanyi Madonna mengumpulkan pemasukan hingga lebih setengah triliun rupiah pada tahun ini. Uang sebanyak itu lebih dari cukup untuk membeli ratusan juta bungkus tahu dan tempe, dan bisa dibagikan kepada sebagian besar penduduk Indonesia yang akhir-akhir ini kewalahan hanya sekadar membeli tahu dan tempe

Oleh Rusdi Mathari

DIBANDINGKAN dengan penampilan Britney Spears, Christina Aquilera, Jessica Simpson atau Rihanna yang berusia lebih muda, penampilan dari Madonna, Barbara Streisand, dan Celine Dion seharusnya memang tak menarik lagi. Namun bisnis pertunjukan rupanya punya logika tersendiri yang celakanya pada setahun terakhir justru seolah mengabaikan faktor kulit keriput atau kulit mulus dari para artis penyanyinya. Dan inilah buktinya: tiga penyanyi perempuan yang sudah berumur gaek itu tercatat sebagai tiga besar penyanyi perempuan yang meraup pendapatan paling besar pada tahun ini versi majalah Forbes (lihat “The Top-Earning Women In Music”, Forbes, 29 Januari 2008).

Berada pada urutan paling atas adalah Madonna yang mengumpulkan kocek hingga US$ 72 juta. Lalu disusul oleh Barbara Streisand US$ 60 juta dan Celine Dion US$ 45 juta.Nilai kekayaan mereka merupakan angka kumulatif dari pemasukan yang berhasil dikumpulkan selama setahun dalam periode 2006-2007.

Pemasukan terbesar Madonna terutama berasal konser Confessions, tur keliling yang berlangsung di Amerika, beberapa negara Eropa dan Jepang yang disebut-sebut meraup duit sebesar US$ 260 juta. Selama masa tur yang berlangsung tahun lalu itu, Madonna juga menerima pemasukan dari hasil penjualan rekaman, penjualan pernak-pernik Madonna dari perusahaan ritel H&M, dan hak siar konser dari stasiun televisi NBC yang menyiarkan pertunjukan Madonna dari Stadion Wembley, London. Kekayaan itu tak termasuk nilai kontrak selama 10 tahun yang diteken Madonna dengan perusahaan Warner Music Group senilai US$ 120 juta.

Adapun pendapatan Barbara Streisand berasal dari larisnya tiket tur “come back-nya” setelah dia sempat mengumumkan mengundurkan diri dari bisnis pertunjukan pada 2000. Disebutkan, bahwa iket dari setiap pertunjukan Barbara Streisand laku dijual seharga rata-rata US$ 300 atau merupakan harga paling tinggi untuk tiket konser musik dari artis mana pun yang berlangsung pada tahun lalu. Bandingkan misalnya dengan tiket konser dari super grup rock Rolling Stones yang hanya dijual US$ 137. Pada Celine Dion, pendapatannya berasal dari konser reguler yang berlangsung di Caesars Palece, Las Vegas, Amerika Serikat.

Daftar dari Forbes itu mencantumkan 20 penyanyi wanita paling kaya. Selain nama Madonna, Barbara Streisand dan Celine Dion, yang menempati tiga besar teratas, dalam daftar itu tercantum pula nama Shakira (US$ 38 juta), Beyonce (US$ 27 juta), Gwen Stefani (US$ 26 juta) Christina Aguilera (US$ 30 juta), Faith Hill (US$ 19 juta), The Dixie Chicks (US$ 18 juta) dan Mariah Carey (US$ 13 juta).

Dengan kekayaan itu, Madonna yang mulai menapaki usia 50 tahun kini mungkin sudah tak pantas disebut sebagai “Material Girl” seperti tajuk salah satu judul albumnya, tapi barangkali lebih layak disebut sebagai “Material Mama.” Dirupiahkan dengan kurs Rp 9.000, kekayaan Madonna itu akan mencapai Rp 648 miliar. Andai Madonna mau, uang sebanyak itu lebih dari cukup untuk membeli tahu dan tempe hingga 216 juta bungkus dan bisa dibagikan kepada sebagian besar penduduk Indonesia yang akhir-akhir ini kewalahan hanya sekadar membeli tahu dan tempe.

Iklan