Fidel Castro-www.latinaviva.com

Presiden Kuba Fidel Castro menyatakan mengundurkan diri dari jabatan Presiden Kuba. Castro telah berkuasa di Kuba sejak 1959 semasa perang dingin antara Blok Barat dan Blok Timur. Sejak berkuasa hingga pengumuman pengunduran dirinya, Castro selalu melawan Amerika Serikat, negara di sebelah utara Kuba yang disebutnya sebagai musuh.

Oleh Rusdi Mathari

PENGUNDURAN diri Castro sebenarnya bukan sebuah kejutan karena bulan lalu parlemen Kuba sudah mengumumkan akan “menentukan” nasib Castro pada Februari ini. Lalu pada Selasa pagi (19 Februari 2008) presiden flamboyan, yang menghabiskan hidupnya hanya untuk kepentingan “revolusi” itu menyatakan mundur sebagai Presiden Kuba setelah hampir setengah abad berkuasa.

“Saya tidak lagi ingin atau menerima, saya ulangi, saya tidak lagi ingin atau menerima posisi Presiden Dewan Negara dan panglima militer,” kata Castro yang menulis surat pengunduran dirinya dan dipublikasikan oleh situs koran milik negara, Granma (lihat “Fidel Castro Stepping Down as Cuba’s President www.the.washingtonpost.com, Selasa, 19 Februari 2008)

Che Guevara dan Fidel Castro-www.ernestocheguevara.info

Castro menjadi penguasa Kuba, setelah merampas kekuasaan dari Presiden Fulgencio Batista pada 1959 melalui revolusi. Masa kekuasaan Castro kemudian menjadi sangat panjang: melewati masa pemerintah 9 Presiden Amerika Serikat dan Uni Soviet, negara sekutu utamanya juga sudah bubar. Sebelum Soviet runtuh, negara itu menjadikan Castro dan Kuba sebagai pos terdepan untuk melawan Amerika. Beberapa kali Kuba terlibat insiden dengan Amerika termasuk yang paling terkenal adalah Insiden Teluk Babi dan Krisis Rudal Kuba, yang keduanya hampir memicu perang dunia.

Sudah sejak empat tahun terakhir, kondisi kesehatan Castro memang tidak selalu prima. Sejak Juli 2006, kekuasaan Kuba untuk sementara bahkan sudah dipegang oleh Raul Castro, adik Castro, yang menjabat Menteri Pertahanan. Dengan pengumuman pengunduran diri Castro, Raul lalu disebut-sebut akan sepenuhnya menggantikan posisi sang kakak. Usia Raul adalah 76 tahun dan sang kakak 81 tahun.

Dalam pengumuman pengunduran dirinya pada hari Selasa, Castro sekali lagi mengingatkan untuk “waspada” terhadap Amerika.

Iklan