Inilah John Tyler Hammons, wali kota Muskogee, Oklahoma— wali kota termuda di dunia.

Oleh Rusdi Mathari

BUJANGAN INI BARU BERUSIA 19 TAHUN DAN MASIH BERSTATUS mahasiswa di Universitas Oklahoma. Namun Kamis kemarin, Hammons mencatatkan sejarah baru: dia terpilih sebagai walikota Muskogee. Dalam penghitungan suara untuk pemilihan kepala daerah itu, Hammons mendapat suara hingga 70 persen. “Hasil pemilihan ini tidak akan mengubah keinginanku untuk melanjutkan kuliah,” kata Hammons.

Senin minggu depan, Hammons direncanakan akan diambil sumpah dan ditetapkan sebagai walikota Muskogee menggantikan pejabat lama Wren Stratton, yang memutuskan tidak ikut dalam pemilu. Hammons akan menjabat sebagai walikota selama 2 tahun kecuali terpilih kembali dalam pemilu berikutnya.

Warga Muskogee yang berjumlah 38 ribu orang, 1 April silam melakukan pemilihan umum untuk jabatan walikota. Pada putaran pertama pemilihan, ada 6 kandidat yang bertarung untuk menjadi orang nomor satu di Miskogee tapi Hammons sejak awal sudah menempati urutan teratas dalam peroleh suara. Pada putaran pertama itu, Hammons mengumpulkan 42 persen suara dibayangi perolehan suara dari Herchsel McBride. Kami 13 Mei 2008, Hammons bertarung dengan McBride dan hasilnya telak: sebanyak 69,9 persen suara memilih Hammons. McBride yang berusia 70 tahun pernah menjadi walikota Muskogee selama 3 kali masa jabatan.

“Warga telah meletakkan kepercayaan besar kepadaku dan sekali mendapat kepercayaan kita bisa memecahkan masalah,” kata Hammons.

Kunci kemenangan Hammons terletak pada platformnya untuk membangun Muskogee, sebuah kota yang terletak di timur utara Amerika Serikat. Dia antara lain menjanjikan keterbukaan dan memberi akses kepada warga untuk mendapatkan informasi menyangkut pembangunan di kota yang terletak di negara bagian Oklahoma itu. Hammons yang lahir pada 4 September 1988 bercita-cita akan mengikuti pemilu untuk posisi Gubernur Oklahoma dan Presiden Amerika Serikat.”Saya ingin menjadi gubernur Oklahoma dan presiden Amerika Serikat,” katanya.Sic itur da asta.

Sumber: FoxNews.com
Keterangan gambar: John Tyler Hammons-AP

Iklan