Sehari sebelum meninggal dunia, Sophan yang merupakan ketua penyelenggara kirab Jalur Merah Putih keliling Jawa sempat berang ketika dia memberikan pidato sambutan di Surabaya.

oleh Rusdi Mathari

SOPHAN SOPHIAAN HARI INI DIBERITAKAN TELAH MENINGGAL dunia akibat kecelakaan sepeda motor di perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah. Sepeda motor Harley Davidson Classic berwarna cokelat yang dikendarainya terpental ketika terperangkap di jalur jalan yang berlubang. Sophan yang mengikuti konvoi Harley Davidson Club Indonesia untuk memperingati 100 tahun kebangkitan nasional itu teratuh dan peserta konvoi lain di belakangnya menabraknya. Dalam perjalanan ke rumah sakit di Sragen, Sophan meninggal dunia. Istri Sophan, Widyawati, yang diboncengi oleh Sophan diberitakan selamat tapi masih dalam keadaan syok.

Sophan adalah aktor kawakan di Indonesia. Namanya mulai melambung saat bermain sebagai Romi dalam Pengantin Remaja Widyatai yang berperan sebagai Yuli pada 1971. Film itu disutradarai oleh mendiang Wim Umboh dan menjadi film legendaris. Lewat film itu pula, Sophan dan Widyawati akhirnya melanjutkan hubungan mereka ke pelaminan. Keduanya menikah di Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan pada 9 Juli 1972.

Lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 26 April 1944, Sophan adalah putra dari Manai Sophiaan salah seorang politikus terkemuka Indonesia yang pernah menjadi duta besar Indonesia di Rusia pada zaman pemerintahan Soekarno. Seolah mengikuti jejak sang ayah, ketika reformasi bergulir Sophan juga terjun ke dunia politik dan bergabung dengan PDI Perjuangan. Sophan sempat menjadi anggota MPR dan DPR-RI, sebelum akhirnya mengundurkan diri pada awal 2002. Waktu itu Sophan mengatakan, dunia politik tak cocok dengan sikap hidupnya yang selalu berbicara apa adanya. Pada Pemilu 2004, Sophan termasuk salah seorang tokoh yang mendukung secara terang-terangan pasangan Amien Rais Siswono Yudo Husodo.

Sehari sebelum meninggal dunia, Sophan yang merupakan ketua penyelenggara kirab Jalur Merah Putih keliling Jawa sempat berang ketika dia memberikan pidato sambutan di Surabaya. Ajakannya untuk meneriakkan pekik merdeka kurang disambut antusias penonton. Sophan mengatakan berbagai masalah yang mendera bangsa Indonesia saat ini karena kurang adanya cinta kepada bangsa termasuk pekik merdeka yang kurang memasyarakat di kalangan menengah ke atas.

Kirab Jalur Merah Putih keliling Jawa diikuti oleh 265 pemilik motor Harley Davidson. Kendati sebagian besar pesertanya berasal dari Indonesia, kirab itu juga diikuti oleh 23 peserta dari Malaysia dan 6 peserta dari Singapura. Kirab berkeliling Jawa itu berangkat dari Jakarta sejak 12 Mei silam. Kota pertama yang disinggahi adalah Rengas Dengkok, kemudian berlanjut ke Cirebon, Pekalongan, Semarang, Rembang, Tuban dan Surabaya menjadi kota ke enam yang disinggahi.

Keberangkatan konvoi motor dari orang-orang berduit itu sejak awal telah menuai protes dari banyak kalangan karena mengabaikan sensitivitas di tengah keresahan banyak orang yang bersiap dengan rencana kenaikan harga BBM. Apalagi ketika singgah di Pekalongan, beberapa SPBU di kota itu ditutup untuk tidak melayani pengisian BBM kepada umum dari pukul 9 pagi hingga 2 siang karena akan digunakan oleh peserta rombongan. Ketika menuju Rengas Dengkok, anggota rombongan bahkan bisa melaju di jalan tol Cikampek meskipun Presiden Ikatan Motor Besar Indonesia adalah mantan Kapolri, Jenderal Rusmanhadi juga ikut dalam rombongan itu.

Di Surabaya, sebelum Sophan memberikan sambutan, kedatangan konvoi disambut dengan demonstrasi dan protes dari mahasiswa dan pelajar. Para mahasiswa sempat bersitegang dengan polisi namun anggota konvoi tetap bisa meneruskan acara. Di setiap kota yang disinggahi, peserta konvoi membagi-bagikan sumbangan yang diperoleh dari sponsor. Di Surabaya mereka membagikan bantuan senilai Rp 50 juta yang berasal sumbangan PT Sido Muntjul.

Dari Surabaya, rombongan berangkat menuju Kediri dan Sabtu pagi mereka bertolak menuju Yogyakarta. Ketika perjalanan mereka baru berlangsung sekitar 4 jam, kecelakaan yang merenggut nyawa Sophan itu terjadi sekitar pukul 10.30. Sore ini, jenazah Sophan direncanakan sudah tiba di Jakarta dan akan disemayamkan di rumah duka, di kawasan Bintaro.

Dari berbagai sumber.
Keterangan gambar: Rombongan Harley Davidson-www.kapanlagi.com

Iklan