Mereka melakukan parade telanjang untuk memprotes penggunaan kendaraan bermotor dan menyerukan agar kembali menggunakan sepeda.

oleh Rusdi Mathari

WARGA Madrid, Spanyol Sabtu kemarin mendapat tontonan yang tak biasa. Seratusan orang, laki-laki dan perempuan berkeliling kota mengendarai sepeda tanpa sehelai benang di tubuh mereka alias telanjang. Mereka melakukan parade telanjang untuk memprotes penggunaan kendaraan bermotor dan menyerukan agar kembali menggunakan sepeda. Dikutip oleh Kantor Berita Cina Xinhua, aksi itu ditujukan untuk mengurangi polusi udara.

Aksi para aktivis lingkungan hidup itu, tentu saja mendapat sambutan meriah dari warga Madrid. Di sepanjang jalan yang dilalui oleh parade telanjang, terlihat warga Madrid berjejer menonton parade dan tertawa-tawa. Di beberapa negara termasuk di Spanyol, melakukan protes dengan aksi telanjang bulat tak dilarang oleh undang-undang tapi kebanyakan para pemrotes adalah aktivis lingkungan.

Sebelum aksi telanjang bulat di Madrid itu aksi protes serupa sudah puluhan kali dilakukan di berbagai negara tapi dengan tuntutan yang berlainan. Di Hong Kong dua orang aktivis lingkungan pernah telanjang bulat di jalan utama kota itu untuk memprotes pemotongan ayam oleh restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken yang mereka anggap kejam. Beberapa aktivis lingkungan melakukan pernah pula melepaskan seluruh pakaian mereka untuk menentang penjualan bulu biri-biri di Selandia Baru atau memprotes kegiatan adu banteng di Madrid.

Aksi telanjang bulat yang paling menghebohkan tentu saja adalah aksi yang pernah di lakukan di pegunungan Alpen, Swiss, tahun lalu. Sekitar 600-an orang, laki-laki dan perempuan melepas seluruh baju mereka dan berbaris sambil meneriakkan yel-yel untuk menyelamatkan bumi. Pemotretan untuk mereka bahkan dilakukan dalam beberapa sesi. Di India, puluhan wanita pernah bertelanjang bulat untuk menuntut pengusutan kasus pembunuhan seorang wanita oleh seorang anggota tentara di sana.

Di Indonesia, Inul Daratista pernah pula berencana untuk telanjang jika aksinya sebagai penyanyi masih dilarang. Namun Inul tak pernah merealisasikan niatnya.

Tulisan ini juga bisa dibaca di www.jakartapress.com
Sumber: Reuters, AFP
Keterangan Gambar: Bersepeda dengan Bertelanjang-Xinhua

Iklan